Ziarah Panjang Menembus Rimba Dunia Mengeluarkan Keringat, Air Mata dan Darah". Disitulah perwujudan kreasi kebudayaan dan pradaban yang berpapasan dengan Tuhan yang abadi.

Selasa, 19 Maret 2013

DESKRIFSI BUDAYA SENI PONDOK PESANTREN TERPADU AL ISTIKOMAH

1. KARINDING ISTIOMAH (KARIMAH)

Karimah merupakan kelompok seni musik buhun yang ada di Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah terlah untuk melestrikan budaya nusantara yang sudah lama karinding di sukabumi nyaris hampir musnah. Musik karinding jika dilihat dari alat yang di gunakan sangat sederhana yang terbuat dari bambu hitam pilihan dengan ukuran 7 s.d. 10 cm yang diserut secara tipis. Adapun teknik memainkannya disimpan pada mulut dengan ditiup atau diseot dengan mamainkan pernapasan.
Karimah memainkan alat tersebut dengan proses latihan yang cukup panjang, sebab untuk mencaba menggunakan alat karinding diperlukan waktu panjang.


Grup KARIMAH
2. QOSIDAH AL ISTIQOMAH
Qasidah Istiqomah adalah grup musik islami yang mencoba untuk menaungi potensi santri putri dalam olah suara. Kegiatan ini diselenggarakan pada kegiatan ekstrakulikurer dengan pelatih Adilah Ar Robani (ustadzah Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah, guru bidang studi matematika) sedangkan vokalnya Nursaleha dan Rima.
Qasidah Al Istiqomah
3. MARAWIS AR RASYID
Marawis Ar Rasyid adalah grup musik islami yang mencoba untuk menaungi potensi santri putra dalam olah suara dan skil menggunakan alat-alat marawis. Kegiatan ini diselenggarakan pada kegiatan ekstrakulikurer dengan pimpinan ustadz Harun Ar Rasyid (guru pengajian anak usia SD dan usua Dina. Marawis Ar Rasyid ini sudah melanglang buana di darah sukabumi dan tidak diragukan lag.
 Marawis Ar Rasyid
begitulah beberapa kesenian budaya di Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah dan masih banyak lagi kegiatan=kegiatan budaya lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perkambangan Seni Budaya Dalam Blog Lain